Cara Mengunci Folder pada Windows tanpa Software

Siapapun dia orangnya, biasanya selalu mempunya sisi privacy yang tidak ingin diketahui atau di ganggu orang/pribadi lain. Demikian juga halnya dalam penerapannya pada file-file komputer/ laptop/ notebook. Alasannya ? ya mungkin anda tidak ingin ada file / data yang orang lain tahu atau alasan lain hingga mengganggap file/ data anda tidak ingin dibaca/ diketahui orang lain.
Anda bisa menyembunyikan file tersebut dalam sebuah folder yang kemudian menyembunyikannya hingga tidak akan terlihat orang/pihak lain.
Tapi maaf, Posting kali ini tentang bagaimana cara menyembunyikan folder penting anda khusus untuk windows dengan pertimbangan :
  1. Pengguna System Operasi Windows jauh lebih banyak daripada pengguna system operasi yang lain.
  2. Penguncian dan penyembunyian folder menggunakan pemrograman ‘MS.Basic’ dimana ‘MS.Basic’ adalah aplikasi pemrograman yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft, yang mengembangkan system operasi Windows itu sendiri.
  3. Program yang disusun cukup mudah dan sederhana, sehingga siapapun anda dijamin bisa menggunakan program aplikasi sederhana ini. Tinggal copy+paste, double klik, langsung bisa dipakai. Tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk meng-compile, jadi pasti sangat mudah dan gampang.
  4. Anda tidak perlu mendownload/ membayar, karena semuanya “FREE” sepertinya ini yang paling utama. Siapa orangnya yang tidak suka yang Gratisan :D
Lalu bagaimana caranya ? Silahkan simak dibawah ini :
  1. Buka folder Windows Anda, dengan klik logo Windows bersamaan dengan tombol huruf ‘E’
  2. Silahkan buat folder baru, bisa pada drive C/ D atau pada Flashdisk anda.
  3. Buka ‘Notepad’ pada Windows Anda.
  4. Lalu silahkan ‘copy-paste’ text dibawah ini :
    Quote:
    Quote: cls
    @ECHO OFF
    title Folder Private
    if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
    if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
    set/p “cho=>”
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice.
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Private “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    echo Folder locked
    goto End
    :UNLOCK
    echo Enter password to unlock folder
    set/p “pass=>”
    if NOT %pass%== your password here goto FAIL
    attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Private
    echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password
    goto end
    :MDLOCKER
    md Private
    echo Private created successfully
    goto End
    :End
    Cara Mengunci Folder pada Windows tanpa Software Tambahan
  5. Perhatikan text yang tercetak tebal diatas : ‘your password here‘, ganti text tersebut dengan kata-kata sandi/ password versi Anda sendiri yang mudah anda ingat, dan usahakan selalu diganti dalam kurun waktu tertentu. Ambil contoh password/ sandinya adalah : ‘saveindonesia‘, maka scipt code pada line diatas menjadi : if NOT %pass%== saveindonesia goto FAIL
  6. Setelah itu, silahkan simpan file notepad diatas dengan mengubah terlebih dahulu ‘Save As Type’ dari Text Documents (.txt) menjadi all files, kemudian simpan file diatas dengan nama private.bat [seperti pada gambar dibawah ini] :
  7. Setelah melakukan langkah ke 6, silahkan kembali buka folder dimana tadi anda menyimpan file private.bat yang baru saja anda buat. Double klik pada file tersebut, kemudian klik sekali lagi pada file private.bat tadi hingga muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini :
  8. Gambar diatas adalah sebuah kotak dialog dimana Anda ditanya apakah anda yakin akan mengunci dan menyembukan folder private? bila memang anda yakin silahkan tekan tombol ‘Y’, namun apabila tidak silahkan tekan tombol ‘N’. Bila anda menekan ‘Y’ maka folder Private anda akan hilang dari layar Windows Explorer Anda, Namun apabila Anda menekan tombol ‘N’ maka folder akan tetap ada pada layar Windows Explorer Anda.
  9. Lalu bagaimana untuk menampilkan / mengembalikan folder ‘Private‘ yang disimpan/ hilang tersebut ? Gampang !, silahkan klik file : private.bat yang tadi anda buat, masukan password dan tekan enter. Akan muncul tampilan gambar seperti dibawah ini :
    Cara Mengunci Folder pada Windows tanpa Software Tambahan
  10. Masukan Password / Sandi yang tadi anda masukan dalam file ‘private.bat’ tadi dengan benar dan lengkap berikut tanda baca atau penggunaan huruf besar/kecilnya. Maka Folder ‘Private’ Anda yang sebelumnya tidak terlihat pada Windows Explorer, akan kembali muncul dan siap untuk diakses.
Gampang, mudah dan cepat ya? tidak butuh waktu hingga 1 jam kan ? :) – Silahkan mencoba, mudah-mudahan posting artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan